Pengalaman Menggunakan Dompet Digital Dana

Perkembangan teknologi dewasa ini sangat membantu masyarakat, termasuk saya, dalam segala aspek. Salah satu yang memudahkan saya yakni adanya teknologi keuangan dalam bentuk uang elektronik. Baik itu dalam bentuk server based maupun chip based.

Diantara uang elektronik dalam bentuk e-wallet atau server based yang saya gunakan saat ini adalah Dana. Sebelum menggunakan Dana, e-wallet bernama OVO saya pergunakan terlebih dahulu.

Pertimbangan saya menggunakan Dana saat ini karena metode pembayaran ke merchantnya. Selain menggunakan saldo yang sudah di top-up sebelumnya. Dana bisa juga menggunakan kartu debit online maupun kartu kredit yang sudah tersimpan di aplikasi sebelumnya. Biasanya saya melakukan top up Dana dari Bank Mandiri ataupun BCA. Baru-baru ini saja saya melakukan top up dari BRI. Top up saldo melalui BRI ternyata gratis seperti halnya melalui Bank Mandiri dan BCA. Ini merupakan poin plus bagi saya bila dibandingkan dengan dompet digital yang pernah digunakan sebelumnya, dompet digital sebelumnya bila top up saldo melalui BRI dikenakan biaya administrasi. Metode top up saldo Dompet Digital Dana melalui Alfamart belum saya coba. Suatu saat nanti mungkin harus saya coba.

Untuk pembayaran di merchant. Dana menggunakan QR Code. Dimana saat ini Bank Indonesia rencananya akan membuat standar QR code bagi semua dompet digital bernama QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard).

Selain digunakan sebagai pembayaran di merchant. Dana bisa digunakan untuk transfer ke rekening bank lain. Kuota transfer gratis sebulan ke rekening bank sebanyak sepuluh kali. Setelah itu akan dikenakan biaya admintrasi seperti biasanya. Ini sama dengan dompet digital yang saya gunakan sebelumnya.

Cara Transfer Uang Menggunakan Dompet Digital Dana

Pertama yang saya lakukan adalah mengklik tombol “Kirim” di dompet digital Dana.

Setelah itu, saya memasukkan nama dan nomor rekening bank tujuan. Kali ini saya mencoba mentransfer saldo Dana ke rekening Bank Tabungan Negara (BTN) milik sendiri.

Dompet Digital Dana

Setelah memasukan nomor rekening bank tujuan. Langkah selanjutnya, saya memasukkan nominal uang yang akan saya transfer.

Dompet Digital Dana

Setelah memasukkan nominal uang yang akan ditransfer. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah. Dimana ada pemberitahuan sisa kuota transfer gratis. Saat saya melakukan transfer ini. Sisa kuota gratis saya tinggal sembilan kali lagi karena sebelumnya saya sudah melakukan transfer ke rekening bank lainnya. Selanjutnya saya mengklik tombol “Kirim Dana”.

Tampilan dompet digital dana

Setelah mengklik “Kirim Dana” maka akan muncul tampilan “Konfirmasi” seperti dibawah. Dan saya tinggal mengklik tombol “Konfirmasi”. Selain itu akan tampil juga pemberitahuan biaya transfer.

Konfirmasi transfer dompet digital dana

Lalu akan muncul tampilan untuk memasukkan Kode Verifikasi seperti dibawah. Kode verifikasi bisa berupa PIN ataupun kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel. Dilangkah ini, saya dipinta memasukkan kode OTP. Hal ini terjadi karena saya sudah menggunakan fasilitas transfer dana ke bank lain sebelumnya.

Permintaan Kode Verifikasi Dompet Digital Dana

Setelah memasukkan kode OTP yang dipinta akan muncul tampilan “Status Pembayaran”. Dalam tampilan dibawah ini terlihat bahwa transfer dana saya ke rekening BTN sebesar Rp 500.000,- sudah berhasil.

Status Transfer di Dompet Digital Dana

Kekurangan Dompet Digital Dana

Selama saya menggunakan e-wallet dana Dana di Pontianak. Sedikit gerai yang menerima pembayaran melalui dompet digital Dana. Berdasarkan pengalaman saya. Dompet digital Dana baru saya pergunakan di gerai KFC, Bread Life dan Wendy’s.

Update : Top Up Dompet Digital Dana di Alfamart

Tanggal 24 Desember kemarin saya coba top-up dompet digital dana di Alfamart untuk menuntaskan rasa penasaran dan janji sebelumnya 😀 . Top Up dompet digital Dana di Alfamart tidak dikenakan biaya sama sekali. Namun batas maksimum untuk sekali pengisian hanya 500 ribu rupiah. Kalau mau mengisi sejuta rupiah mau tidak mau harus dua kali top up.

Sebelumnya saldo dana saya sebesar Rp 678.248 seperti gambar dibawah ini.

Saldo Awal Dompet Digital Dana

Dan saya mencoba mengisi dana sebesar 500 ribu rupiah. Akan ada pemeberitahuan kalau transaksi berhasil seperti tangkapan gambar dibawah ini.

Pemeberitahuan Transaksi Berhasil

 

Lalu saldo Dompet Digital Dana saya berubah menjadi Rp 1.178.248 seperti tangkapan gambar dibawah ini.

Saldo Dompet Digital Dana Bertamba

Sayangnya bukti struknya tidak ada. Kebiasaan saya setiap melakukan transaksi struk pembayarannya selalu dibuang 😆 .

3 Replies to “Pengalaman Menggunakan Dompet Digital Dana

Tinggalkan Balasan